Baca Berita

Respons Kasus Anak dengan Disabilitas

Berita


Dinas Sosial Bintan melalui Tim Rehabilitasi Sosial (Rehsos) pada tanggal 1 hingga 3 Februari 2023 telah melakukan respon kasus atas berita Batamtoday.com pada tanggal 30 Februari 2023 dengan judul “17 Bulan Terbaring Menahan Sakit, Bocah 4 Tahun di Bintan Butuh Uluran Tangan”.


Mengetahui adanya berita tersebut, Kementerian Sosial RI melalui Dinas Sosial Bintan segera menindaklanjuti kasus tersebut dengan terlebih dahulu melalukan identifikasi dan penjangkauan terhadap kasus tersebut. 


Melalui kolaborasi Tokoh Pemuda Bintan & Dinas Kesehatan, ananda Alvin yang menderita sakit sejak 17 bulan lalu, mendapatkan rujukan penanganan medis memadai di RSUD Bintan, melalui pembiayaan Jamkesda Bintan.



Kemudian, dibantu Seklur Kijang Kota dan Tim Medis RSUD Bintan, Dinas Sosial Bintan melakukan asesmen lanjutan untuk mengetahui kebutuhan dasar bagi keluarga tersebut.


Dinas Sosial juga bekerjasama dengan Disdukcapil Bintan untuk pengurusan dan penerbitan identitas Bintan, agar bisa dilanjutkan dengan pengurusan BPJS keluarga tersebut.


Kemensos RI yang telah mengetahui kasus ini dari media, juga mengusulkan agar memasukkan keluarga Alvin ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).


Selain itu, Kemensos melalui Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi, juga ikut menyalurkan bantuan kebutuhan dasar bagi ananda Alvin & UEP bagi orangtua Alvin.



#BintanPeduliDisabilitas

#DinsosBintanHadir

#DinsosBintanKeren

#RehsosBintanHadir

#SuperTimBintan

Bagikan Postingan Ini:
© . Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan